Monday, November 3, 2008

Perspektif



Menanggapi tulisan Rien di postingan sebelumnya, bisa dibilang apa yang ditulis disitu memang benar!
Saya dan dia memiliki kesukaan yang berbeda terhadap genre novel dan cerita.

Kalau Rien lebih menyukai bahasa sastra, diskriptif yang jelas (Rien ini ialah satu penulis yang penggambaran lokasinya sangat jelas, tertata rapi, dan bisa dijadikan contoh bagaimana kita menggambarkan suatu tempat peristiwa dengan baik), maka saya lebih condong ke arah novel populer, dengan deskriptif yang sedikit, tapi emosi yang agak lebih banyak.
Saking banyaknya, kadang sampai menyalahi aturan yang ada, hehe.

Kalau Rien suka memasukkan hal yang tidak biasa, sedikit di luar jalur mainstream, maka saya kayaknya sih lebih lurus-lurus aja -=) .
Sampai Thee pernah berkomentar supaya saya berani untuk sedikit merubah warna novel saya, jangan merahhhh terus.
Nice advice, Thee. Lagi diusahain nih ;-)

Kalau Rien suka genre thriller ditektif, maka saya lebih suka romance.

Tapi lagi-lagi benar, kedua perbedaan itu tidak bisa dihilangkan.
Tapi bisa disatukan!

Dan akan lebih baik kalau kita bisa menyatukan perbedaan tersebut, sehingga karya yang kita hasilkan akan lebih sempurna.

Semakin saya banyak diskusi dengan mereka (Rien, Thee, Om Han, dan Odiee, my advisor), semakin juga saya diperkaya akan wawasan yang sebelumnya tidak pernah saya pikirkan.
Dan itu mendorong serta membantu saya dalam menghasilkan karya yang semoga, lebih baik dari sebelumnya.

Memasukkan hal-hal yang tidak pernah berani saya tulis sebelumnya.
Menulis tentang hal-hal yang tidak pernah saya ketahui sebelumnya.
Mencoba membuat draft cerita dengan sudut pandang, karakter, konflik, dan deskripsi yang sebelumnya tidak pernah saya gali atau saya pikirkan.

Mengetahui bahwa menulis, selain sebagai relaksasi jiwa, juga bisa jadi proses belajar yang menyenangkan. Dan itu membuka view saya yang selama ini masih tertutup rapat.

That is a great adventure! =)
That is a wonderful journey!

Thanks Guys for all the support ;-)

Dan ini ada blog baru yang bagus. Kumpulan dari sekelompok editor yang ingin menularkan virus baca buat kita semua
Bisa jadi masukan yang berharga untuk kita.
Disana ada referensi buku bagus, ide-ide menulis, cara menulis yang baik, dll, dll.
Kudu kunjung buat kita-kita yang suka buku dan baca ;-)
klik virusbaca.blogspot.com

No comments: